Kalau Nyawah Semudah FarmVille atau FarmVille2

Posted by in Daily Life

Nyawah atau bersawah atau menjadi petani bukan merupakan cita-cita anak-anak Indonesia saat ini bahkan untuk anak petani sekalipun. Para petani pun tidak ada (atau mungkin kalaupun ada jarang sekali yang menyarankan anaknya untuk menjadi Petani tetapi menjadi pekerja kantoran, PNS atau swasta yang penting dikantor dan tidak disawah atau ladang.

Lahan sawah semakin lama semakin berkurang. Sebelah rumah yang dulunya sawah luas satu per satu dibangun menjadi rumah. bahkan kabarnya pengembang perumahan sebelah mau membangun unit tambahan diselatan rumah. Di beberapa bagian lain Cilacap banyak juga sawah yang disulap menjadi perumahan, meskipun demikian bukan berarti mengubah sawah menjadi perumahan merupakan hal yang salah, karena pembangunan perumahan ini juga merupakan tuntutan pembangunan kota, semakin banyak lapangan kerja baru, tenaga kerja baru tentu akan membutuhkan tempat tinggal baru.

Kembali ke sawah, ketika bermain FarmVille (dulu) atau sekarang FarmVille2 kadang saya berpikir andaikan menjadi petani semudah bermain FarmVille. Bisa memilih benih apa yang akan ditanam, kita bisa tau berapa lama waktu yang dibutuhkan dari tanam sampai panen, perkiraaan hasil panen dan sebagainya. Kegiatan rutin seperti membajak sawah, menanam benih, menyiangi hama sampai panen bisa dilakukan oleh robot. Layaknya farmville petani tinggal memilih blok mana yang mau dibajak dan robot dengan traktor akan membajak lahan tersebut. Selesai dibajak (mungkin petani bisa melihat ke sawah untuk melakukan cek ulang hasil bajakan robot), robot yang sama atau robot lain akan menanam benih sesuai yang diminta petani. Kalau sawah mungkin pilihannya hanya benih padi apa yang akan digunakan tetapi kalau ladang bisa memilih tanaman apa yang akan ditanam.

Monitoring kondisi sawah akan dilakukan secara otomatis mungkin bisa hanya menggunakan sensor yang dipasang di beberapa bagian sawah mungkin juga bisa menggunakan robot yang melakukan monitoring dan mengambil aksi yang dibutuhkan untuk menghilangkan hal-hal yang dapat merusak pertumbuhan tanaman di sawah atau ladang. Saat panen tentu

PS : post ini diposting dari masa depan (14 Juli 2017). diambil dari draft di Evernote dan langsung dipublish, jadi maaf kalau tulisannya belum selesai 🙂