3 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membangun Cloud

Posted by in business

Cloud Computing Services atau layanan komputasi awan merupakan salah satu hal yang sedang nge-trend di dunia komputer dan teknologi informasi. Banyak perusahaaan yang berusaha menawarkan berbagai layanan cloud mulai supply chain, customer service management atau bahkan layanan langganan untuk konten yang sudah dimiliki sebuah perusahaan yang mungkin bisa bermanfaat bagi orang lain. Berikut ini tiga hal penting yang harus anda pertimbangkan sebelum membangun layanan cloud anda sendiri.

  1. Tentukan tujuan layanan cloud anda, tuliskan contoh-contoh penggunaan layanan anda. Banyak perusahaan yang memiliki rencana yang jelas dan gambaran yang jelas mengenai apa layanan yang ditawarkan. Ingat bahwa anda memiliki tanggung jawab sebagai penyedia layanan cloud computing karena itu desain dan rencanakan layanan anda dengan baik.
  2. Tentukan data apa yang ada dieksternalkan, termasuk dimana data tersebut berada dan bagaimana anda akan mendapatkannya termasuk aspek keamanan. Lokasi fisik tempat data berada juga harus dipikirkan, klien anda harus tunduk dengan aturan pemerintah setempat termasuk dimana lokasi fisik server berada.
  3. Buat strategi manajemen layanan / API, pilih antara path terbaik untuk eksternalisasi dan manajemen termasuk mekanisme untuk mengekspose layanan anda. Teknologi pengelolaan layanan bisa menjadi alat bantu anda.

Via : infoworld.com. Image courtesy of cloudcomputingx.org