post image

Gibbs’ Rules

Feb 4, 2011 Muhammad Panji

Gibbs adalah Special Agent in Charge di NCIS. Sebelum bergabung dengan NCIS atau waktu dia bergabung bernama NIS (Naval Investigative Service) Gibbs adalah seorang Scout Sniper, posisi unik di marinir yang merupakan gabungan scout dan sniper. Scout merupakan sebutan bagi tentara yang bertugas mengumpulkan informasi mengenai musuh, sementara sniper bertugas untuk melakukan eksekusi.

Gibbs memiliki 51 aturan atau mungkin lebih pas disebut prinsip dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Sejauh ini baru 24 diantaranya yang disebutkan, beberapa diantaranya memiliki nomer yang sama, entah ini kesengajaan penulis skenario atau mungkin juga penulis skenarionya lupa 🙂 Berikut 24 Gibbs’ Rules yang sudah pernah disebutkan hingga episode terbaru NCIS dan komentar saya tentunya untuk yang perlu dikomen :

Rule #1: Never let suspects stay together
Kenapa? karena kalau ditempatkan diruangan yang sama tidak akan ada yang memberikan keterangan, semua tersangka akan diam. ditempatkan pada ruangan berbeda interogator bisa mempermainkan masing-masing tersangka. Besar kemungkinkan mereka akan membuka mulut, mengakui apa yang diperbuat dan apa yang diperbuat tersangka lainnya.

Rule #1: Never screw (over) your partner
Rules ini pernah disebutkan Jenny Shepherd, direktur NCIS sebelum Leon Vance, Jenny menyebutkan “Never screw your parter”, dan dikoreksi Gibbs “Never screw over your partner”. Kurang lebih mungkin jangan membuat kesalahan yang membuat rekan kita ikut terlibat

Rule #2: Always wear gloves at a crime scene
Rule ini jelas, kalau tidak menggunakan sarung tangan crime scene atau tempat kejadian perkara (TKP) akan terkontaminasi dengan sidik jari dsb.

Rule #3: Don’t believe what you’re told. Double check
Dalam melakukan investigasi, termasuk melakukan wawancara dengan saksi tidak jarang Gibbs memerintahkan anak buahnya untuk melakukannya kembali atau dengan saksi lain agar mendapat sudut pandang berbeda

Rule #3: Never be unreachable
Ini lebih jadi Rule Mike Franks, pensiunan agen NCIS mantan bos Gibbs yang juga merekrut Gibbs. Gibbs beberapa kali sengaja tidak dapat dihubungi ketika mencoba menyelesaikan kasus diluar jalur.

Rule #4: The best way to keep a secret? Keep it to yourself. Second best? Tell one other person – if you must. There is no third best

Rule #6: Never apologize. It’s a sign of weakness / Don’t Apologize It’s a sign of weakness
Ini kelihatannya aturan yang paling sering disebut di NCIS. Tapi kenapa gak boleh minta maaf? bukankah meminta maaf itu baik dan menunjukkan kita adalah manusia? Dalam kehidupan pribadi iya tapi dalam kehidupan professional tidak. Dalam beberapa kesempatan ketika salah satu anggota tim Gibbs melakukan kesalahan alih-alih meminta maaf mereka mengatakan “It won’t happen again bos” dan Gibbs biasanya menjawab “It won’t”. Hal ini membuat tim Gibbs akan berusaha agar kesalahan yang dibuat tidak dilakukan lagi dimasa yang akan datang. Bukan berarti gibbs tidak pernah meminta maaf, dia pernah meminta maaf ke Kate ketika terlambat di pemakamannya, dan meminta maaf kepada Ducky sepulang Gibbs dari Mexico.

Rule #7: Always be specific when you lie

Rule #8: Never take anything for granted.

Rule #9: Never go anywhere without a knife. kadang disebutkan juga “Never leave home without a knife.”

Rule #10: Never get personally involved in a case

Rule #11: When the job is done, walk away

Rule #12: Never date a coworker
Aturan yang lucu mungkin tetapi kalau menjadi agent yang ketika melakukan tugas selalu menyerempet bahaya hubungan personal bisa membuat mereka tidak bisa melakukan pekerjaan dengan baik

Rule #13: Never, ever involve a lawyer
Kenapa? karena lawyer rempong. Mereka akan mencari celah hukum untuk melindungi client nya.

Rule #15: Always work as a team

Rule #18: It’s better to seek forgiveness than ask permission

Rule #22: Never, ever bother Gibbs in interrogation

Rule #23: Never mess with a Marine’s coffee… if you want to live

Rule #27: There are two ways to follow someone. — First way they never notice you. — Second way they only notice you

Rule #38: Your case, your lead

Rule #39: There is no such thing as coincidence

Rule #40: If it seems someone is out to get you, they are.

Rule #44: First things first, hide the women and children

Rule #45: Clean up the mess that you make

Rule #51: Sometimes – You’re wrong

Berikut dua video potongan NCIS mengenai Gibbs Rules :

Similer Post

post image
Masih Banyak Orang Baik di Jakarta

Dua hari lalu seperti biasa pulang kerja nge-grab dulu ke semanggi untuk nunggu bis. Karena udah lewat setengah 8 bis dari Gajah Mada udah habis jadi nunggu bis dari arah blok M. Supaya kebagian duduk jalan ke belokan semanggi arah blok M. Ada motor dari arah grogol yang berhenti di deket tempat gw nunggu bis, ini sebenernya hal biasa kadang ada driver ojek online yang berhenti disitu untuk kontak pelanggannya, kadang ada yang bingung gimana cara muter kalau mau ke arah blok M naik motor dan banyak hal lain. Gak berapa lama ada orang lain yang nuntun motornya dan di tanya sama mas yang udah berhenti duluan tadi.

post image
Selected Papers in Network and System Administration

Yesterday morning I found Selected Papers in Network and System Administration, you can also Look Inside the book in Amazon. I found some interesting titles from the Table of Contents and a user comment that some papers is available online, so google the titles and found most of them. I put links of the papers below. Some papers is not available online (or at least I haven’t found them yet :D). Hopefully this will be useful for fellow systems and network administrator. A Case Study of Network Management (M.K. Fenton). Balancing Security and Convenience (V. Jones and D. Schrodel). Creating an Environment for Novice Users (J.

post image
The Curious Case of TV-IP310PI

Meskipun judulnya bahasa inggris tapi saya mau cerita menggunakan Bahasa Indonesia. Sebenarnya ceritanya panjang tapi singkat cerita kamis lalu IP Camera TRENDnet TV-IP310PO itu pun datang. Kami pun mulai melakukan testing device yang baru datang ini, sebenernya bukan kami tapi lebih tepatnya Rusman melakukan 98% testing, saya membantu yang 2% 🙂 Menurut manual yang bisa diunduh dihalaman Support device ini akan mendapatkan IP dari DHCP Server apabila ada. Apabila tidak ada DHCP server di network, maka IP address IP camera ini akan diset ke 192.168.10.30. Karena dikantor ada DHCP Server mulailah lihat dari server dhcp IP device ini, setelah dilihat dengan seksama ternyata tidak ada.