post image

Menggosipkan SAMSAT Cilacap

Jun 23, 2010 Muhammad Panji

SAMSAT, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap, tempat dimana kira biasanya mengurus perpanjangan STNK, balik nama dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kendaraan bermotor. Saya lebih memilih untuk menghindari kantor tersebut kecuali terpaksa. Jangan salah, bukan berarti menghindari pajak dan sebagainya tetapi saya menghindari birokrasi pengurusan dokumen yang berbelit-belit dan ribet seolah punya semboyan tak tertulis β€œKalau bisa dipersulit, kenapa dipermudah?” πŸ™‚ Proses dari mendaftar hingga ke pembayaran memang singkat mungkin 5-10 menit, tetapi menunggu perpanjangan STNK keluar bisa setengah hari. Tapi itu dulu, mungkin 8 tahun yang lalu ketika saya masih SMA saya sempat mengurus perpanjangan STNK ketika libur.

Sekarang? sekarang beda. Tertulis jelas prosedur dan lama pelayanan. Perpanjangan STNK tertulis hanya memakan waktu 30 menit. menurut berita ini karena Samsat Cilacap [mengejar ISO 9001 – 2000][2]. Ketika mengurus perpanjangan STNK untuk dua kendaraan motor dan mobil sempat pesimis membaca standing banner yang ada. Proses pendaftaran hingga mengambil no antrian sangat cepat tidak sampai lima menit. kemudian menunggu kurang lebih hampir sepuluh menit sampai ke bagian pembayaran, berarti kurang lebih 15 menit sudah dikonsumsi oleh prosedur. Kebetulan saya mendapat dua nomor antri berurutan karena mendaftarkan perpanjangan STNK secara bersamaan, ketika di loket pembayaran ternyata dokumen mobil belum sampai ke loket, sempat kecewa tetapi ternyata nomor antrian genap dan ganjil dibedakan antara dua petugas di loket pembayaran.

Lima menit berlalu, sepuluh menit berlalu, saya merasa ini pasti lebih dari 30 menit, karena sekarang sudah 25 menit dikonsumsi oleh prosedur. ternyata dua menit kemudian saya mendapat panggilan. Alhamdulillah artinya sesuai standard yang dituliskan bahkan karena saya mengurus dua STNK artinya cuma butuh 15 menit untuk mengurus tiap STNK πŸ™‚

Goodbye calo STNK dan salut untuk SAMSAT Cilacap. Bagaimana dengan SAMSAT di kota anda?

[2]: Sekarang? sekarang beda. Tertulis jelas prosedur dan lama pelayanan. Perpanjangan STNK tertulis hanya memakan waktu 30 menit. menurut berita ini karena Samsat Cilacap mengejar ISO

Similer Post

post image
Masih Banyak Orang Baik di Jakarta

Dua hari lalu seperti biasa pulang kerja nge-grab dulu ke semanggi untuk nunggu bis. Karena udah lewat setengah 8 bis dari Gajah Mada udah habis jadi nunggu bis dari arah blok M. Supaya kebagian duduk jalan ke belokan semanggi arah blok M. Ada motor dari arah grogol yang berhenti di deket tempat gw nunggu bis, ini sebenernya hal biasa kadang ada driver ojek online yang berhenti disitu untuk kontak pelanggannya, kadang ada yang bingung gimana cara muter kalau mau ke arah blok M naik motor dan banyak hal lain. Gak berapa lama ada orang lain yang nuntun motornya dan di tanya sama mas yang udah berhenti duluan tadi.

post image
Selected Papers in Network and System Administration

Yesterday morning I found Selected Papers in Network and System Administration, you can also Look Inside the book in Amazon. I found some interesting titles from the Table of Contents and a user comment that some papers is available online, so google the titles and found most of them. I put links of the papers below. Some papers is not available online (or at least I haven’t found them yet :D). Hopefully this will be useful for fellow systems and network administrator. A Case Study of Network Management (M.K. Fenton). Balancing Security and Convenience (V. Jones and D. Schrodel). Creating an Environment for Novice Users (J.

post image
The Curious Case of TV-IP310PI

Meskipun judulnya bahasa inggris tapi saya mau cerita menggunakan Bahasa Indonesia. Sebenarnya ceritanya panjang tapi singkat cerita kamis lalu IP Camera TRENDnet TV-IP310PO itu pun datang. Kami pun mulai melakukan testing device yang baru datang ini, sebenernya bukan kami tapi lebih tepatnya Rusman melakukan 98% testing, saya membantu yang 2% πŸ™‚ Menurut manual yang bisa diunduh dihalaman Support device ini akan mendapatkan IP dari DHCP Server apabila ada. Apabila tidak ada DHCP server di network, maka IP address IP camera ini akan diset ke 192.168.10.30. Karena dikantor ada DHCP Server mulailah lihat dari server dhcp IP device ini, setelah dilihat dengan seksama ternyata tidak ada.