post image

Mengurus SKCK

May 23, 2010 Muhammad Panji

Senin kemarin gw pulang ke rumah untuk ngurus SKCK. Gw terpaksa dengan senang hati ngurus SKCK sebagai salah satu syarat jadi abdi dalem di kantor yang satu ini. Senin pagi gw berangkat dari semarang naik travel nyampe rumah sekitar setengah 2 siang, lumayan cepet. Malemnya gw ke Pak Ketua RT Sekretaris RT (karena RT gue resign) eee malah beliaunya lagi dines ke Jakarta satu pekan dan baru berangkat malam senin 🙂 artinya sabtu kemarin atau hari ini baru pulang. Istri Pak Sekretaris RT nelpon sang suami dan beliau bilang dikasih cap minta tanda tangan ke bendahara RT aja. dapetlah surat pengantar RT yang udah dikasih cap. meluncur ke Bendahara RT dan sama saja, beliau sedang dinas ke Jakarta satu pekan (juga) 🙁 Akhirnya langsung ke Pak RW dan Alhamdulillah beliau mau tanda tangan dan bilang “Nanti dikelurahan dijelaskan saja RT nya nggak ada, sekretaris dan bendahara baru dinas luar kota, tapi saya nggak tau bisa atau nggak”.

Selasa pagi gw ke kelurahan. Ternyata sekarang sekretariat kelurahan pindah dibelakang yang didepan itu jadi balai desa. Sampai sana gak ditanya apa-apa, cuma ditanya minta pengantar untuk apa. Surat pengantar dari kelurahan diketik pake mesin ketik (bukan komputer). Di mintakan tanda tangan ke Pak lurah dan sudah jadi, Seperti biasa “Ada biaya administrasinya mas?”, tanya gw. “Seiklhlasnya saja mas”, jawab mas petugas kelurahan. Jadilah gw keluarin uang 10.000. Mungkin 5000 cukup ya? cuma gw pas gak ada pecahan 5000 dikantong 🙁 Sampe kecamatan kurang lebih sama dan harus keluar uang 10.000 juga untuk biaya administrasi “seikhlasnya”.

Habis itu gw tanya ke petugas, “Setelah ini kemana ya bu?”,
“ke polsek terus ke Koramil mas”, jawab Ibu petugas di Kecamatan.

Wadhuh mosok harus ke polsek sama koramil (mana gw gak tau polsek nya dimana koramilnya dimana) :D. Seinget gw kemarin Nok Riris ngurus SKCK kedua kalinya gak pake pengantar polsek. Dulu pertama kali Nok Riris ngurus emang pake pengantar polsek itupun pas di polres ternyata gak diminta. Akhirnya gw SMS Nok Riris dan dia bales “coba aja langsung ke polres mas, kemarin aku gak pake, tapi gak tau juga beda daerah siapa tau beda birokrasi”. Bismillah, bondo nekat, nek misalnya diusir suruh minta pengantar polsek & koramil ya balik lagi.

Sampailah di Polres Cilacap dan sampe sana ternyata gak diminta surat pengantar dari polsek dan koramil. horeeee…. dikasih form untuk diisi, Dimintai foto 4×6 3 lembar. Kali ini biaya administrasi gak seikhlasnya tapi 10.000 🙂 “habis ini ke bagian sidik jari mas, form nya diisi disana aja”. Pindahlah gw ke bagian sidik jari. disana masih harus ngisi form 2 lagi selain form yang dikasih oleh bagian pendaftaran. ngisi form selesai, dimintai foto 3×4 3 lembar, sidik jari (berasa ngurus SIM) dan form pendaftaran pun dikembaliin. kali ini, “disini biayanya 10.000 mas”. Gw gak kaget karena waktu ngisi form beberapa orang juga sudah disuruh bayar biaya administrasi, cuma mbatin “kirain cuma 10.000 di bagian pendaftaran ternyata disini juga”. Ya sudahlah 😀

Ngembaliin form ke bagian pendaftaran, nunggu sekitar 10 menit dan jadilah SKCK itu. Alhamdulillah. Jadi total 40.000 untuk ngurus SKCK 🙂 kalau lewat Polsek / koramil berarti tambah 😀

Similer Post

post image
Masih Banyak Orang Baik di Jakarta

Dua hari lalu seperti biasa pulang kerja nge-grab dulu ke semanggi untuk nunggu bis. Karena udah lewat setengah 8 bis dari Gajah Mada udah habis jadi nunggu bis dari arah blok M. Supaya kebagian duduk jalan ke belokan semanggi arah blok M. Ada motor dari arah grogol yang berhenti di deket tempat gw nunggu bis, ini sebenernya hal biasa kadang ada driver ojek online yang berhenti disitu untuk kontak pelanggannya, kadang ada yang bingung gimana cara muter kalau mau ke arah blok M naik motor dan banyak hal lain. Gak berapa lama ada orang lain yang nuntun motornya dan di tanya sama mas yang udah berhenti duluan tadi.

post image
Selected Papers in Network and System Administration

Yesterday morning I found Selected Papers in Network and System Administration, you can also Look Inside the book in Amazon. I found some interesting titles from the Table of Contents and a user comment that some papers is available online, so google the titles and found most of them. I put links of the papers below. Some papers is not available online (or at least I haven’t found them yet :D). Hopefully this will be useful for fellow systems and network administrator. A Case Study of Network Management (M.K. Fenton). Balancing Security and Convenience (V. Jones and D. Schrodel). Creating an Environment for Novice Users (J.

post image
The Curious Case of TV-IP310PI

Meskipun judulnya bahasa inggris tapi saya mau cerita menggunakan Bahasa Indonesia. Sebenarnya ceritanya panjang tapi singkat cerita kamis lalu IP Camera TRENDnet TV-IP310PO itu pun datang. Kami pun mulai melakukan testing device yang baru datang ini, sebenernya bukan kami tapi lebih tepatnya Rusman melakukan 98% testing, saya membantu yang 2% 🙂 Menurut manual yang bisa diunduh dihalaman Support device ini akan mendapatkan IP dari DHCP Server apabila ada. Apabila tidak ada DHCP server di network, maka IP address IP camera ini akan diset ke 192.168.10.30. Karena dikantor ada DHCP Server mulailah lihat dari server dhcp IP device ini, setelah dilihat dengan seksama ternyata tidak ada.