TextMate Untuk Windows

Posted by in Technical

textmate-logoText Editor apa yang anda gunakan di windows untuk coding? tentu bukan Notepad bawaan windows kan? beberapa tahun lalu gw pake Crimson Editor untuk coding editing teks di windows sampe Mas Dwi ngenalin gw sama Notepad++ yang sampe sekarang masih gw pake.

Selain Syntax Highlighting, TextFX bawaan Notepad++ juga sangat memudahkan untuk melakukan manipulasi teks, Fitur Search & Replace yang bisa menggunakan regex (meskipun gw tau regex juga itu-itu doang, hehehe).

Beberapa Waktu yang lalu ngobrol-ngobrol sama Reza (@aqrobby dia cerita tentang TextMate, text editor komersial yang jalan di Mac OS. Katanya ini favorit para programmer, gw sendiri liat TextMate ini cuma di screencast, Kemarin iseng-iseng nyari info TextMate For Windows, nemu beberapa link menarik :

Allan Odgaard sempat menulis di blog textmate mengenai alternatif textmate di windows maupun linux, Allan nulis posting ini dengan harapan orang yang tau mengenai alternatif tersebut akan memberikan masukan di komentar dan orang lain yang mencari hal yang sama (termasuk gw tentunya), bisa menggunakan informasi ini sebagai panduan. Komentarnya lumayan banyak dan bervariasi, mulai Notepad++, Notepad2, jEdit, Scintilla dan lain sebagainya.

WEBDEVKungFu memberikan file font Monaco ( Textmate Envy (aka: Monaco Font for Windows)) sebagai alternatif font supaya text editor yang kita gunakan mirip TextMate.

hkhaled memberikan tiga alternatif dalam posting TextMate Parallels for Windows yaitu :

hp_logoPaul Stamatiou juga menulis mengenai In Type, saat ini InType masih versi Alpha 0.3, awalnya gw kira ini alternatif open source atau minimal gratis dari TextMate tapi ternyata mulai versi stabil 1.0 nanti InType akan dijual dengan harga mirip TextMate 🙁 Ada yang tau alternatif Open Source atau minimal freeware dari TextMate di windows atau linux? jangan text editor bawaan macam gedit atau kate ata kwrite di linux ya, pengen mencari suasana berbeda 😀 Happy Coding!